Indeks Kitab

Kitab - Yaum Al Qiyamah  RAHASIA HARI KIAMAT (Peristiwa Kehancuran Dunia yang Paling Dahsyat)

Buku kecil yang berada di tangan pembaca ini merupakan terjemahan dari kitab berbahasa Arab yang berjudul Yaum Al Qiyamah, karya Prof. DR. Mutawalli Sya'rawi. Dalam buku kecil ini, pembaca akan menjumpai pembahasan ringkas, tegas, dan akurat seputar hari Kiamat.

Semoga kehadiran buku ini menambah pengetahuan pembaca dan seluruh umat Islam, terutama yang berkaitan dengan hari Kiamat.

Penulis : Prof. Dr. Mutawalli Sya'rawi
Penerbit : Pustaka Setia
Kertas. : Hvs/ Soft Cover
Ukuran : 18,5 x 13,5 cm
Tebal : 132 Hlm.

Harga : Rp. 20.000

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab Al-Asas Wa Al-Muntholaqat

Salah satu karya yang banyak dijadikan rujukan khususnya dibidang keilmuan Islam, adalah kitab karya Al-Habib Abu Bakar bin Masyhur Al-Adni. yang berjudul Al-Asas Wa Al-Muntholaqat.
Ulama merupakan pemuka agama yang patut dijadikam panutan hiduap bagi umat beragama, akhlaknya, ibadahnya dan serta cara berdakwahnya yang merupakan dari Islam yang Rahmatan Lil’alamin.  Melihat karya-karya ulama, semakin membuat kita umat Islam semakin mantap untuk mempelajari kedalaman ilmu mereka yang bagaikan samudera. Tidak hanya dibidang syariah, sebagai keahlian utama mereka, ulasan tentang sains berdasarkan dalil-dalil agama juga sering kali banyak kita jumpai di berbagai literatur keislaman.
Kitab ini menguraikan banyak ilmu pengetahuan baru dibidang aqidah, bahkan kajian-kajian tentang hari kiamat dan tanda-tandanya yang mungkin banyak diantara kita yang belum banyak mengetahuinya.

Sekilas Tentang Kitab al-Asas Wa al-Muntholaqat:

Tidak hanya mengupas tentang definisi Hari Kiamat, yang menarik dari kitab ini adalah uraian dan analisa tentang ciri-ciri atau tanda-tanda kiamat itu sendiri. Selain penyampaian per-Bab dan sub-BAB yang semakin membuat kitab ini mudah sekali untuk dikaji, juga penggunaan bahasa yang relatif modern dan sesuai dengan kondisi masa kini. Salah satu contoh, beliau menjelaskan salah satu tanda kiamat pada pembahasan ke 73, adalah munculnya ragam penyakit yang belum ditemukan dan dikenali sebelumnya dalam dunia medis, penyakit itu adalah viralnya virus corona, meski beliau tidak merinci secara detail pembagian virus tersebut, namun nyatanya ulama Yaman yang satu ini sudah memiliki informasi tentang perkembangan virus tersebut sebagai salah satu tanda akhir zaman.

Terimakasih telah membaca Kitab AL-ASAS WAL AL-MUNTHOLAQAT,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin…

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Habib Abu Bakar bin Masyhur Al-Adni
Judul Kitab : AL-ASAS WAL AL-MUNTHOLAQAT (P DF)
Tebal           :   469 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Kitab - Al-Kaba'ir - Imam Dzahabi

Salah satu kitab yang sangat popular di kalangan umat muslim Karya monumental Imam Syamsudin az Dzahabi yang membahas tentang dosa dosa besar.
Beliau merupakan Ulama Alim, pegarang kitab ternama yang memiliki banyak puluhan kitab.

Secara umum kitab ini menjelaskan secara detail 70 dosa besar yang wajib  dijauhi dan ditinggalkan untuk kita semua. Diantara beberapa dosa besar yang wajib dijauhi adalah syirik, berzina, durhaka kepada kedua orang tua dan banyak lainnya.
Musonnif dengan sengaja menulis kitab yang berjudul Al Kaba’ir ini dengan harapan nantinya bermanfa’at dan menjadi teguran bagi semua umat muslim agar bisa kembali ke jalan Allah SWT. Kitab ini  banyak menjadi rujukan para mu’allim dan muta’allim khususnya para Dai.

Terimakasih telah membaca Kitab AL- KABA’IR – IMAM DZAHABI,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Imam Syamsudin az Dzahabi
Judul Kitab : AL- KABA’IR – IMAM DZAHABI (P DF)
Tebal           :   670 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Kitab - Al Ibanah An - Ushulid Diyanah

Karya Al-Imam Abu Hasan Al Asy’ari ketika aqidah  ummat muslim di zamannya perlu di luruskan, dan kembali pada sumbernya yang jernih, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. dalam kitab ini beliau menjelaskan tentang Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
Beliau adalah Al-Imam Abul Hasan Ali bin Ismail bin Abu Bisyr Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin  Abu Burdah bin Abu Musa Al-Asy’ari Abdullah bin Qais bin Hadhar. Abu Musa Al-Asy’ari adalah salah seorang sahabat  Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yang masyhur. Beliau -Abul Hasan Al-Asy’ari- Rahimahullah dilahirkan pada tahun 260 H di Bashrah, Irak. Beliau Rahimahullah dikenal dengan kecerdasannya yang luar biasa dan ketajaman pemahamannya. Demikian juga, beliau  dikenal dengan qana’ah dan kezuhudannya.

Di dalam kitab al-Ibanah memuat 77 halaman terdapat 16 bab yang membahas tentang pokok-pokok aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan di sertai dalil dari ayat-ayat Al-Qur’an serta contoh tanya jawab dari persoalan-persoalan tersebut. Dalam kitab ini imam Abu Hasan al-Asy’ari menetapkan sifat-sifat Allah khabariyyah seperti ketinggian Allah dan bagaimana konsekuennya beliau terhadap wahyu al-Qur’an dan hadits serta menolak perubahan makna. Dalam kitab ini juga, beliau tidak membahas masalah-masalah filsafat yang disebutkan dalam kitab al-Luma’.
Isi kitab  berkaitan dengan masalah yang sangat urgen bagi setiap muslim dalam kehidupannya. Berkaitan dengan masalah aqidah dan pokok-pokok agama sesuai dengan metodologi Ahli Sunnah wal Jama’ah seperti masalah ru‘yah (melihat Allah di akhirat kelak), ketinggian Alslah di atas ’arsy-Nya, dan sebagainya.

Terimakasih telah membaca Kita Al- IBANAH AN-USHULID DINIYAH,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Imam Abu Hasan Al Asy’ari
Judul Kitab : Al- IBANAH AN-USHULID DINIYAH (PDF)
Tebal           :   77  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Kitab Al-Burhan Fi Ushul Al-Fiqh (الـبـرهـان في أصـول الـفـقـه)

Karya Usul al-Fiqh yang disusun oleh Al-Imam Al-Haramain Abul Ma'ali 'Abdul Malik Bin 'Abdullah bin Yusuf bin Muhammad bin 'Abdullah Al-Juwayni Al-Naisaburi (419-478H/1028-1085 M). Ditulis mengikut tariqah al-Mutakallimin (ahli kalam) yaitu suatu metodologi penulisan yang cenderung kepada pendalilan berdasarkan akal serta tidak taksub kepada mana-mana mazhab.

Secara keseluruhan kitab ini membahas detail tentang ilmu ushul fiqh yang terdiri dari delapan pembahasan pokok, yaitu al Bayan, al Ijma’, al Qiyas, al Istidlal, al Tarihat, al Naskh, al Ijtihad dan al Fatwa. Penulisan kitab diawali dengan pembahasan mengenai cara mempelajari suatu ilmu dalam muqoddimahnya dan kemudian disusul dengan inti pembahasan kitab. Banyak ulama berpendapat bahwa kitab ini sangat kompehensif dalam menjelaskan ilmu ushul fiqh pada masa Imam al Juwayni yang diantaranya adalah Abd al Adhim.
Kitab ini juga turut mendapat tempat di sisi para ulama yang datang selepas al-Juwayni sehingga disyarahkan serta diringkaskan.
Antara kitab yang mensyarahkan kitab Al-Burhan adalah;
a)   Idhah al-Mahsul min Burhan al-Usul (ايـضـاح الـمـحـصـول من بـرهـان الأصـول), karya Abu Abdillah al-Maziri al-Maliki (536 H.)
b)   al-Tahqiq wal-Bayan fi Syarh al-Burhan fi Usul al-Fiqh (التحقيق والبيان في شرح البرهان في أصول الفقه), karya Syamsuddin Abu al-Hasan Ali bin Ismail al-Abyari al-Shanhaji al-Maliki (618 H).

Sekalipun al-Juwayni merupakan tokoh bagi mazhab al-Syafi’i, akan tetapi kedua-dua penulis kitab yang kami sebutkan di atas merupakan tokoh dari kalangan mazhab Maliki. al-Imam Ibn al-Subki [Lihat Thabaqat al-Syafi’iyyah al-Kubra (5/192)], mengatakan bahwa telah datang seorang tokoh dari Maghribi bernama al-Syarif Abu Yahya yang menghimpunkan di antara dua kitab syarah di atas.

Terimakasih telah membaca Kitab Al- BURHAN FI USHUL AL- FIQH,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.


IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Imam Al-Haramain Abul Ma'ali 'Abdul Malik Bin 'Abdullah bin Yusuf bin Muhammad bin 'Abdullah Al-Juwayni Al-Naisaburi
Judul Kitab : Al- BURHAN FI USHUL AL- FIQH (PDF)
Tebal           :   1482  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Buku Ajaran - Ajaran Kegaiban (80 Wasiat Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani)

Dalam buku ini pembaca akan menjumpai 80 wasiat Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani tentang pengembaraan rohani, perjumpaan dengan Tuhan, dan marifatullah yang Insya Allah akan sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan pembaca dan umat Islam umumnya, terutama yang berkaitan dengan dunia tasawuf.

Judul Asli  : Futuhul Ghaib
Penulis      : Syaikh Abdul Qadir al-Jailani
Penerbit    : Pustaka Setia
ISBN           : 979-730-290-3
Kertas        : HVS/ Soft Cover
Ukuran      : 24 x 16 Cm
Tebal          : 232 Hlm.


Harga : Rp. 40.000


Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab - Al-Allamah Muhammad Hasyim Asy'ari ( Peletak Dasar Kemerdekaan Indonesia )

Kitab setebal 57 halaman ini berisi biografi Hadrotussyekh Hasyim Asy'ari, figur, akhlak, aktivitas keseharian, perjuangan beliau mendirikan pesantren, siasat menghadapi penjajahan, kisah pertemuan dengan Karl Von Smith, pandangan ihwal persatuan umat Islam dunia dan lainnya.

Kitab ini diterbitkan pertama kali oleh Maktabah Dar As-Shadiq Beirut 1971, ditulis oleh salah satu jurnalis terkemuka Indonesia, Habib Muhammad Asad Syahab bin Habib Ali Menteng. Beliau salah satu tokoh perintis berdirinya Arabian Press Board (APB), kantor berita dengan siaran berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia yang turut menyiarkan berita perjuangan dan kemerdekaan Indonesia ke dunia Internasional, terutama kawasan Arab.
Membahas kemerdekaan Indonesia tak bisa lepas dari nama Hadlratusy Syaikh Muhammad Hasyim Asy'ari. Saking besarnya jasa beliau, hingga Habib Muhammad Asad Syahab menjulukinya sebagai Peletak Dasar Kemerdekaan Indonesia, karena mampu menggerakkan massa untuk melawan Belanda saat resolusi jihad tahun 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Santri.
Semoga Allah merahmati KH. Muhammad Hasyim Asy'ari dan para pejuang kemerdekaan lainnya. Aamiin...

Terimakasih telah membaca Kitab - Al-Allamah Muhammad Hasyim Asy'ari ( Peletak Dasar Kemerdekaan Indonesia ),  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.
 

 

IDENTITAS KITAB:
Karya             : Habib Muhammad Asad Syahab bin Habib Ali Menteng

Judul Kitab  :   Al- ALLAMAH MUHAMMAD HASYIM ASY'ARI (PDF)
Tebal            :   57  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 

Lihat Kitab

Buku- Rahasia Alam Roh

Buku RAHASIA ALAM ROH sarat manfaat dan banyak faedahnya, di dalamnya dikupas beragam persoalan yang berhubungan dengan masalah roh orang-orang mati dan orang-orang hidup. Pembahasan nya dilengkapi dengan dalil-dalil dari Al-Quran, Sunnah, Atsar dan pendapat para ulama terpilih.

Judul Asli  : Ar-Ruh fil Kalami ala Arwahil Amwati wal Ahya-i bid Dalaili minal Kitabi was Sunnati wal Atsari s Aqwalil Ulama'
Penulis     : Imam Syamsuddin Abu Abdillah bin Qayyim al-Jauziyyah
Penerbit  : Pustaka Setia
Kertas      : HVS/ Soft Cover
Berat        : 650 gram
Tebal        : 536 Hlm.
Ukuran     : 24 x 16 Cm


Harga : Rp. 65.000

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab-Mukhtasor Fi Sirah Nabawiyah

Kitab ini adalah syarah, ta'liq, keterangan atau penjelasan kitab MAULID AD-DIBA'I oleh Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki. Beliau memberikan keterangan dari segi bahasa, memberikan dalil Al-Qur'an, Hadits dan kitab-kitab sejarah pada peristiwa yang disebutkan secara ringkas di dalam kitab maulid tersebut.

Pada muqoddimah kitab ini penulis memberikan penjelasan singkat namun padat seputar perayaan maulid Nabi Muhammad Saw. Beliau memberikan 21 poin yang lugas dari pandangan syariat tentang perayaan maulid. Bahkan Beliau juga membawakan pendapat mengejutkan dari sosok Syaikh Ibnu Taimiyah seputar maulid yang akhir-akhir ini para pengikutnya banyak yang menganggap hal tersebut perbuatan syirik.

Penulis     : Al-Imam al-Hafidz Abdurrahman bin Ad-Diba' asy-Syaibani
Penerbit  : Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
Kertas      : HVS/ Soft Cover
Ukuran    : 22,5 x 15,5 cm
Tebal       : 64 Hlm.

Harga : Rp. 25.000

Pesan via WA: 0819-3704-6356
Atau klik :http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab-Al-Burhan Fi Ulumil Qur'an

Kitab-Al-Burhan fi Ulumil Qur'an

Karya Imam Badruddin Muhammad Abu Abdillah Az-Zarkasyi adalah ulama yang lahir di Mesir pada tahun 745 H atau bertepatan dengan tahun 1344 M, wafat 3 Rajab 794 H, dan dikebumikan di Qarafah Sughra dekat kuburan Katmar as-Saqi. Badruddin az-Zarkasyi adalah ulama yang menguasai berbagai ilmu, antara lain: fiqh, sastra, dan hadits. Beliau menjadi pimpinan Perguruan Karim ad-Din di Qarafah Sughra. Hidupnya sederhana dan lebih banyak disibukkan dengan urusan ilmu pengetahuan. Untuk keperluan hidupnya sehari-hari, beliau banyak dibantu keluarganya. ِImam Badruddin Az-Zarkasyi mengikuti manhaj Imam Syafi'i dalam mengambil keputusan yuridis Islam (Berfiqh).

Kitab ini merupakan salah satu kitab referensi utama dalam kajian ilmu al-Quran.
Penting diingat sekali lagi bahwa memahami dan mengkaji al-Quran, sangat-sangat tidak cukup dengan membaca terjemahnya dan langsung mengambil kesimpulan. Ada banyak hal yang perlu dikaji sebelum mengambil kesimpulan. Ada banyak ilmu yang harus dikuasai sebelum menyatakan bahwa statemen yang dikeluarkan adalah representasi dari Al-Quran.
Ada banyak aspek yang perlu direnungkan dan digali lebih dalam sebelum menghakimi orang lain salah dan menyatakan pendapatnya paling benar. Maka dari itu, penting untuk terus belajar membaca berbagai referensi dari ulama-ulama.

Kitab al-Burhan fi ‘Ulumil Qur’an terdiri dari 48 bab bahasan. Adapun bahasan dalam kitab ini, antara lain:

1.            Mengenal sabab an-nuzul.
2.            Mengenal munasabah antar ayat.
3.            Mengenal fawashil.
4.            Mengenal al-wujuh dan an-nazhair.
5.            Ilmu mutasyabbih.
6.            Ilmu mubham.
7.            Tentang rahasia al-fawatih.
8.            Tentang penutupan surah - surah.
9.            Tentang mengenal al-Makki dan al-Madani.
10.          Mengenal awal apa yang turun lebih dulu.
11.          Mengenal atas berapa bahasa yang telah turun.
12.          Tentang bagaimana proses penurunannya.
13.          Tentang penjelasan pengumpulannya dan siapa saja sahabat yang menghafalnya.
14.          Mengenal pembagiannya.
15.          Mengenal nama-namanya.
16.          Mengenal apa yang ditetapkan di dalamnya dari selain bahasa Hijaz.
17.          Mengenal apa yang terdapat di dalamnya daripada bahasa Arab.
18.          Mengenal kegharibannya.
19.          Mengenal perubahan (at-tashrif).
20.          Mengenal hukum-hukum.

Terimakasih telah membaca Kitab Al-BURHAN FI ULUMIL QUR’AN,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           : Imam Badruddin Muhammad Abu Abdillah Az-Zarkasyi
Judul Kitab :   Al-BURHAN FI ULUMIL QUR’AN (PDF)
Tebal           :   1232  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab